• High Availability Linux Server

    Dear All, Kami menawarkan Jasa Install dan pembuatan Topologi untuk High Availability Linux Server, yang udah di implementasikan pada Panel Hosting CentOS Web Panel.

    Sekilas mengenai Clustering :

    Server merupakan induk dari segala komputer yang terhubung pada sebuah jaringan yang berfungsi sebagai pengatur sistem jaringan. Kegagalan devices pada sebuah server bukan suatu yang tidak mungkin terjadi sehingga diperlukan solusi agar sistem jaringan tidak terganggu. Bayangkan jika sebuah web server mati yang disebabkan oleh suatu hal (power supply mati atau yang lainnya), maka pengguna internet tidak akan bisa mengkakses situs pada web server tersebut. Clustering menawarkan solusi untuk menangani perpindahan tugas atau pemerataan beban dari satu server ke server yang lainnya apa bila terjadi kerusakan pada salah satu server.

    Clustering :

    Dalam dunia komputer yang dimaksud dengan Server Clustering adalah menggunakan lebih dari satu server yang menyediakan redundant interconnections, sehingga user hanya mengetahui ada satu sistem server yang tersedia dan komputer client tidak menyadari jika terjadi kegagalan pada sistem server karena tersedianya server sebagai redundant atau backup. Clustering Server dapat digunakan untuk Load Balancing cluster ataupun Failover clustering (Server HA).

    Failover clustering (High Availability) :

    Failover clustering menyediakan solusi high availability server dimana jika terjadi kegagalan pada perangkat keras seperti power supply mati yang menyebabkan server mati total maka server lain anggota cluster yang akan mengambil alih fungsi dari server yang mati, sehingga komputer client tidak mengetahui jika terjadi kegagala pada server, karena proses yang dilakukan pada server yang gagal atau mati akan dilanjutkan oleh server cadangan. Konsep konfigurasi failover cluster adalah membuat satu server sebagai master server dan server yang lain menjadi slave server dimana saat server dalam keadaan normal master server menangani semua request dari client. Slave server akan mengambil alih tugas master server apabila master server tidak berfungsi atau mati. Failover server memiliki dua mode yaitu mode aktif-pasif (master-slave) dan (aktif-aktif).

    • Aktif-pasif (master-slave) : Dua server atau lebih, yang melayani servicejaringan hanya satu server saja, yang lain hanya sebagai cadangan  jika terjadi kegagalan pada server aktif (master).
    • Aktif-aktif (master-master) : Dua server yang kedua duanya bisa melayani jaringan dan saling mem-backup, jika salah satu server mati maka server yang lain akan menggantikannya. Kedua server ini memiliki data yang sama persis.

    Berikut Jasa yang kami tawarkan :

    • Pembuatan Topology berserta Installasinya
    • HA (High Avalability) Environtments
    • Automatic Failover

    Berikut Skenario yang akan kami presentasikan :

    • Topology High Availability Server

    Topology HA


     

     

    • Skenario 1

     

    Jasa HA Server

     


     

     

    • Skenario 2

     

    Jasa HA Server

     


     

     

    • Skenario 3

    Jasa HA Server


    Jika anda berminta, segera hubungi kami di kontak kami.

    Terima Kasih,